Trik-trik Jitu Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

Trik-trik Jitu Mengatasi Mual Saat Hamil MudaAwal kehamilan merupakan fase yang tidak gampang dilalui. Dalam masa itu, kamu yang sedang hamil misalnya pasti akan mengalami keluhan-keluhan yang sedang bereaksi di masa awal kehamilan. Mual saat hamil adalah masa yang umum terjadi ketika ibu hamil masih berada di awal-awal bulan kehamilan. Keluhan itu tentu saja terjadi di hampir semua perempuan yang sedang mengandung buah hati kesayangannya.

Menurut para ahli kandungan, kira-kira 70% wanita hamil pasti mengalami mual, sedangkan 50% sampai mengalami muntah-muntah. Frekuensinya bahkan berbeda-beda, ada yang ringan sampai ada yang cukup ekstrim, sehingga mengganggu kegiatan sehari-hari. Penyebabnya pun berbeda-beda, mulai dari karena morning sickness sampai makanan tertentu.

Kamu yang tidak mau merasakan mual saat hamil yang terlalu berlebihan, berikut cara-cara mengatasinya yang tepat.

  1. Cium wewangian segar

Terkadang penyebab mual-mual di saat hamil karena penciuman terasa lebih sensitif. Indera penciuman menjadi lebih peka karena hormon estrogen semakin meningkat saat kehamilan. Jadi tidak heran ketika kamu mencium bau yang tidak sedap hanya dari kejauhan saja, kamu sudah merasa sangat mual dan terasa ingin muntah.

Coba mengatasinya dengan menghirup wewangian yang lebih segar. Wangi-wangian yang perlu kamu hirup seperti wangi lemon, rosemary, dan sebagainya. Usahakan kamu pilih yang mengandung bahan alami dan hindari produk-produk kimia.

  1. Minum air putih yang cukup

Saat hamil, kebutuhan air putih haruslah sangat dicukupi, karena kebutuhannya lebih banyak dibandingkan dengan wanita-wanita yang tidak hamil. Kalau biasanya kamu mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari, saat hamil perbanyaklah menjadi 10 hingga 12 gelas.

Kamu yang mencukupi air putihnya setiap hari, suhu tubuh juga pasti akan tetap terjaga. Tubuh yang dehidrasinya juga terpenuhi dengan baik, rasa mual saat hamil pun akan berkurang.

  1. Makan sedikit-sedikit

Masa kehamilan membuat perut terasa cepat kembung, karena produksi asam lambung lebih cepat meningkat. Ketika asam lambung naik, perut akan terasa sangat mual, sehingga rasa lapar pun menjadi tidak terasa dan nafsu makan juga akan berkurang. Tapi, demi kebaikan dan kesehatan janin kamu, pastikan kamu juga harus tetap makan agar nutrisinya bisa terpenuhi.

Tidak masalah kalau kamu tidak nafsu makan, tapi coba saja makan sedikit demi sedikit. Lakukan sesering mungkin meski hanya sedikit saja. Tapi jangan sampai kamu makan yang terlalu banyak karena bisa membuat sistem pencernaan bekerja terlalu berat dan akhirnya mual terus bertambah.

Siapkan saja biskuit-biskuit atau cemilan lainnya di saat kamu berpergian ke mana pun kamu pergi agar rasa mualnya bisa ditahan. Usahakan isi terus perutmu agar tidak kosong.

  1. Konsumsi jahe

Jahe dipercaya sebagai bahan alami yang dapat menekan rasa mual saat hamil. Kenyataan itu memang benar, jadi kamu konsumsi saja jahe agar rasa mual kamu tidak timbul terlalu berlebihan, terutama saat di awal kehamilan.

Buatlah minuman jahe dengan mengirisnya atau menggepreknya dan masukkan ke dalam air didihan. Kamu bisa mencampurkannya ke minuman teh agar terasa lebih nikmat. Kalau kamu sedang berada di perjalanan, bawalah selalu permen jahe agar kamu bisa mengkonsumsinya kapan pun dan di mana saja.

  1. Hindari yang membuat kamu terasa mual

Penyebab rasa mual saat hamil juga dikarenakan ada hal-hal yang tidak disukai. Cari tahu apa penyebabnya dan cobalah untuk menghindarinya agar tidak timbul mual yang berlebihan.

  1. Istirahat cukup

Istirahat juga harus kamu lakukan agar bisa menekan rasa mual yang sedang dialami. Kamu bisa mengurangi kegiatan yang biasanya kamu lakukan sehari-hari dan lakukan tarik nafas dalam-dalam sampai kamu cukup tenang. Setelah itu, barulah kamu tidur yang cukup. Cara ini sangat ampuh mengatasi morning sickness yang terkadang tiba-tiba terjadi.

Keenam trik di atas perlu kamu lakukan agar rasa mual saat hamil tidak muncul terus menerus yang membuat aktivitas kamu terganggu. Konsumsilah makanan yang sehat dan bernutrisi agar kesehatan janin tetap terjaga. Selamat mencoba.

shares