Pahami Penanganan Pertama yang Tepat Atasi Bintitan pada Anak

Pahami Penanganan Pertama yang Tepat Atasi Bintitan pada AnakGangguan kesehatan yang terjadi pada anak, pasti sangat mengkhawatirkan. Saat anak mengalami mata bintitan, tentu Anda akan cemas dibuatnya. Gejala timbul benjolan di kelopak mata disertai rasa nyeri dan mata kemerahan, pasti menyebabkan anak rewel. Kasus bintitan pada anak ini harus segera ditangani dengan tepat. Lakukan tindakan penanganan ini agar anak segera sembuh.

  1. Mengompres Mata dengan Air Hangat

Mata bintitan bisa disebabkan oleh berbagai faktor yang memicu infeksi bakteri di kelopak mata. aktivitas si kecil yang kurang terkontrol bisa berakibat mengalami mata bintitan. Jika sudah terjadi, Anda harus mengatasinya dengan baik.

Kompreslah mata anak yang bintitan dengan air hangat agar rileks dan membersihkan kotoran serta cairan yang ada di matanya. Pembengkakan juga bisa mereda. Lakukan pengompresan dalam waktu 10-15 menit dan mengulanginya sebanyak 3-4 kali dalam sehari agar bintitan cepat kering dan sembuh. Gunakan handuk yang lembut dan bersih pastinya.

  1. Memberikan Obat Pereda Nyeri

Mata bintitan pasti disertai rasa nyeri dan pedih yang menyebabkan si kecil rewel saat mengalaminya. Untuk itu, berikan si kecil obat pereda nyeri yang aman untuk anak sesuai dosis, yaitu paracetamol. Obat ini mampu meredakan rasa nyeri sekaligus rasa panas pada mata. Kondisi tubuh yang mengalami demam akibat infeksi bakteri ini juga bisa diredakan.

  1. Memenuhi Nutrisi dan Cairan Tubuh

Kekurangan nutrisi dan cairan tubuh bisa memicu terjadinya bintitan pada anak. Pasalnya, nutrisi dan cairan yang tidak terpenuhi akan melemahkan sistem imun. Tubuh anak jadi tidak mampu melawan bakteri yang menyerangnya, termasuk bakteri penyebab mata bintitan.

Jika bintitan sudah dialami, ada baiknya Anda penuhi kebutuhan nutrisi dan cairan tubuhnya secara optimal. Berikan makanan dan minuman sehat yang bernutrisi. Selain agar sistem imunnya kembali normal, makanan serta minuman sehat dan lezat bisa mengembalikan nafsu makannya yang hilang akibat rasa sakit karena bintitan.

  1. Menjaga Kebersihan Tangan Anak

Kebersihan sangat perlu dijaga agar tidak menimbulkan berbagai persoalan kesehatan. Salah satu penyebab mata bintitan adalah kurang menjaga kebersihan tangan. Saat anak mengalami mata bintitan, sebaiknya Anda selalu mengontrol kebersihan tangan anak agar tetap bersih ketika menyentuh mata. Prinsip hidup bersih ini juga akan mencegah bintitan kambuh lagi.

  1. Memeriksakan Anak ke Dokter

Dalam kondisi tertentu, anak harus segera diperiksakan ke dokter. Hal ini dilakukan ketika gejala yang dialami tergolong parah ataupun ketika benjolan pada mata belum kunjung mengempis setelah penanganan.

Dokter akan memeriksa kondisi mata anak dan memastikan bagaimana kondisinya. Pemberian obat medis dapat membantu kesembuhan si kecil. Pada kasus tertentu, perlu dilakukan bedah ringan atau insisi guna mengeluarkan nanah yang ada di benjolan.

Penanganan yang tepat untuk mengatasi bintitan pada anak harus dipahami. Anda harus mengetahui persis setiap gejala yang dialami si kecil. Perhatikan bagaimana kondisi matanya yang bintitan apakah parah atau tidak. Jika dalam beberapa hari benjolannya belum mengempis meski sudah ditangani di rumah, maka periksakan ke dokter. Penanganan medis harus diutamakan.

shares