Mengenal Beberapa Macam Peralatan yang Wajib Ada di Bengkel Motor

Mengenal Beberapa Macam Peralatan yang Wajib Ada di Bengkel MotorApakah anda berminat untuk membuka usaha bisnis motor? Jika iya sudahkah Anda tahu apa saja peralatan yang harus ada di bengkel motor. Jika anda belum mengetahui mari simak ulasan berikut ini. Peralatan bengkel merupakan hal paling penting dan harus ada karena peralatan yang lengkap merupakan jantung dari sebuah bengkel untuk itu dibutuhkan modal yang cukup besar dalam memenuhinya.

Peralatan bengkel ada bermacam-macam, hal yang paling dasar adalah kunci dan obeng. Kunci memiliki jenis dan fungsi yang beragam, berikut beberapa jenis kunci yang wajib Anda miliki lengkap dengan perkiraan harganya.

Kunci ring

Kunci ini memiliki 2 rahang dengan  desain hexagonal untuk memudahkan menjangkau ke tempat yang sempit. Kunci ini berfungsi untuk memasang, melepas dan mengencangkan baut atau mur baik yang berada di luar motor maupun di tempat yang sempit. Kunci ring memiliki beberapa ukuran diantaranya 8 mm – 19 mm.

Harga pasaran mulai dari Rp 26.000 – Rp 46.000.

Kunci pass

Kunci pass memiliki beberapa jenis diantaranya kunci pass dan kunci pass ring. Kunci pass berfungsi untuk melepas atau memasang baut, sedangkan kunci pass ring memiliki 2 mata yang berbeda yang satu berbentuk seperti capit dan yang satunya memiliki rahang hexagonal pada bagian rahangnya.

Kunci pass memiliki beberapa ukuran dimulai dari 8 mm – 32 mm. Harga standar mulai dari Rp 21.000 – Rp 71.000.

Kunci bintang

Kunci ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan kunci pass yaitu membuka dan memasang baut, hanya saja biasanya digunakan untuk memasang baut pada cakram motor, dan memiliki berbagai macam ukuran. Biasanya tersedia dalam bentuk 1 set. Harga standar kunci ini sekitar Rp 45.000.

Kunci shock

Kunci shok berfungsi untuk melepas dan memasang baut dengan lebih efektif karena memiliki kekuatan menggigit yang lebih kuat dibanding kunci lain. Memiliki rahang terpisah dengan tangkainya dan memiliki ukuran yang beragam. Biasanya dijual dalam bentuk 1 set box yang di dalamnya berisi berbagai macam ukuran rahang kunci lengkap dengan tangkainya.

Harga standar kunci ini sekitar Rp 190.000.

Kunci L

Kunci ini berfungsi untuk melepas atau memasang baut yang posisinya menjorok ke dalam seperti shock dan cakram motor, memiliki kepala rahang berbentuk segi enam. Ukuran kunci bervariatif mulai dari 2 mm – 22 mm. Harga pasarannya sekitar Rp 75.000.

Kunci Inggris

Kunci Inggris biasanya digunakan untuk memasang atau melepas baut yang ukurannya tidak bisa dilepas menggunakan kunci pass atau kunci ring. Kunci ini dilengkapi dengan penyetel rahang yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Ukuran kunci yang paling umum digunakan adalah 45 mm dengan harga sekitar Rp 120.000.

Kunci busi

Kunci ini berfungsi untuk memasang atau melepas busi motor. Berbentuk seperti tongkat panjang huruf T dengan ujungnya yang mengikuti bentuk busi. Kunci busi ada berbagai macam tergantung dari jenis motornya. Kunci busi untuk motor bebek, motor 2 tak, 3 tak, 4 tak, motor Fu, dan busi GL.

Harga berkisar Rp 30.000.

Setelah mengetahui beberapa jenis kunci yang wajib dimiliki selanjutnya kita beralih ke obeng. Berikut beberapa jenis obeng lengkap dengan perkiraan harganya.

Obeng

Obeng berfungsi untuk melepas dan memasang sekrup pada beberapa part motor seperti spion, lampu, plat motor dan lain sebagainya, obeng memiliki peran penting dalam proses bongkar motor saat hendak di modifikasi. Obeng yang biasa digunakan ada 2 macam yaitu obeng bunga (+) dan obeng (-).

Harga kedua obeng tersebut berkisar Rp 10.00 – Rp 100.000, harga tergantung dari merek dan ukuran.

Obeng atau drei ketok

Berfungsi untuk melepas atau memasang mur dengan kekuatan yang lebih besar. Biasanya tangkai dengan mata obeng terpisah, mata obeng memiliki beberapa jenis ukuran. Dijual dalam bentuk 1 set. Harga standar obeng ketok Rp 50.000 – Rp 200.0000.

Selain kunci dan obeng anda juga harus memiliki beberapa peralatan pendukung lainnya seperti :

  1. Tang kombinasi, potong, buaya, lancip, rivet dan tang kakaktus. Rp 20.000 – Rp 80.000.
  2. Palu besi dan paku karet. Rp 50.000 – Rp 200.000.
  3. Pahat Rp 26.000.
  4. Gergaji besi Rp 50.000.
  5. Kikir Rp 30.000 per set.
  6. Kompresor Rp 3.000.000.
  7. Solder Rp 30.000.
  8. Multimeter Rp. 60.000.
  9. Gerinda Rp 200.000.
  10. Dan lain lain

Biasanya biaya yang dikeluarkan untuk membeli perlengkapan bengkel diatas adalah sebesar Rp 10.000.000. jika anda berminat untuk membuka usaha bengkel motor segera persiapkan dana mulai dari sekarang. Harga diatas dipengaruhi oleh merek yang dipilih, jadi masih bisa berubah. Itulah sedikit informasi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat.

shares