3 Langkah Mudah Membersihkan Pompa ASI Elektrik

Langkah Mudah Membersihkan Pompa ASI Elektrik

Pompa ASI diperlukan untuk membantu Anda mengatasi produksi ASI yang melimpah agar tidak terjadi penyumbatan. Pompa juga akan membantu untuk tetap memberikan ASI sekalipun sedang berada di perjalanan. Pompa ASI elektrik merupakan jenis pompa yang praktis karena cepat dalam mendapatkan ASI. Berikut ini langkah mudah untuk membersihkannya.

  1. Melepaskan Bagian-Bagian Pompa ASI

Pertama sekali yang dilakukan dengan melepaskan bagian-bagian pompa ASI dengan memisahkan mana bagian yang akan dicuci dan tidak. Bagian yang akan dicuci botol, klep, corong, dan leher. Bagian yang tidak perlu dicuci adalah mesin dan selang pompa.

Letakkan di dalam satu ember bagian-bagian yang akan dicuci jangan letak di wastafel atau tempat cuci piring secara langsung. Tujuannya untuk menghindari kuman dan bakteri yang dapat menempel dan akan berisiko pada bayi nantinya.

  1. Siapkan Air Hangat dan Sabun

Siapkan air hangat yang telah dicampur sabun cair. Bersihkan setiap bagian yang telah dimasukkan ke dalam ember tadi. Gunakan sikat atau spons yang baru, jangan campur penggunaannya dengan spons untuk mencuci piring yang terkadang terdapat minyak atau pun kotoran piring lainnya. Bersihkan sela-sela bagian dengan bersih jangan sampai terlewatkan.

Gunakan sabun khusus untuk perlengkapan bayi yang tersedia di orami.co.id. Tujuannya untuk menghindari terjadinya alergi pada bayi nantinya. Sabun bisa dibeli dengan harga promo dengan ketentuan yang berlaku. Pembelian bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Bilas hingga bersih sebanyak dua kali.

  1. Keringkan Menggunakan Sterilizer

Pengeringan pompa ASI elektrik adalah dengan menggunakan sterilizer sehingga pengeringannya optimal. Pengeringan dengan sterilizer akan sampai ke bagian celah terkecil sehingga saat digunakan kembali tidak ada risiko akan mengalami setrum. Ikuti instruksi pemakaian sterilizer di bagian kemasan produk agar sesuai dengan kebutuhan.

Jika tidak menggunakan sterilizer, lakukan pengeringan dengan meletakkan corong, botol, dan bagian lain yang dicuci di atas meja dengan alas kain. Biarkan air cucian mengering dengan baik selama yang diperlukan. Jangan langsung menggunakan pompa ASI setelah dicuci. Jadi sebaiknya lakukan pencucian begitu selesai menggunakannya.

Alat sterilizer juga dapat digunakan untuk melakukan sterilisasi pada botol bayi sehingga botol terhindar dari bakteri dan jamur. Botol susu bayi akan awet dan tahan lama. Anda bisa membeli sterilizer untuk botol susu bayi di orami.co.id dengan harga promo. Silahkan untuk langsung mengunjungi website dan mengikuti ketentuan yang berlaku pada produk.

Kebersihan pompa ASI harus dijaga agar tidak mengalami kontaminasi ASI dengan kuman atau pun bakteri. Pastikan Anda membersihkan pompa dengan sebaik-baiknya. Jika tidak dalam keadaan yang mendesak akan lebih baik untuk langsung menyusui bayi agar tercipta kedekatan emosi Anda dan bayi. Berikan ASI eksklusif hingga bayi berusia 6  bulan sebagai nutrisi utama.

shares